Kamis, 16 Juni 2016

Kisah Inspiratif pengusaha muda


Heider Paris ~ Omset Rp 60 Juta dari Usaha Food Truck Ayam Galau Konsep Klasik.



Pilihan Heider Paris membangun usaha berbahan dasar ayam dengan nama Ayam Galau setahun lalu tak salah rasanya. Dengan mengandalkan menu utama olahan ayam dan tempat usaha yang mobilitas dengan food truck, membuat ia mampu meraih omset Rp 2 juta/hari atau Rp 60 juta tiap bulan. Seperti apa kisah Heider menjalankan usaha food truck bergaya klasik ini?
Awal Usaha Food Truck Ayam Galau
Pasar yang besar di bisnis olahan ayam ternyata memberikan ide tersendiri bagi Heider Paris. Pria yang akrab disapa Heider ini mencoba membangun usaha kuliner dengan ayam sebagai bahan baku utamanya. Dengan inovasi inilah Heider mencoba membangun usaha olahan ayam dengan nama Ayam Galau Januari 2015. Dalam menjalankan usaha Ayam Galau, Heider memilih menggunakan konsep mobil usaha (food truck) untuk memasarkan produknya. Selain karena sedang tren, konsep ini ternyata memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan membuka warung atau resto di pinggir jalan di antaranya mudah melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain membuat nama Ayam Galau cepat dikenal masyarakat. Modal usaha yang dikeluarkan Heider pun tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan membangun sebuah resto atau kedai. Dengan mengeluarkan modal sebesar Rp 20 juta, Heider sudah bisa menjalankan usaha Ayam Galau dengan konsep food truck. Modal tersebut digunakan untuk melakukan modifikasi kendaraan pribadi, membeli peralatan, dan perlengkapan memasak hingga bahan baku usaha. Meski menggunakan kendaraan yang memudahkan membuka usaha di tempat yang ramai, namun lulusan Fikom Universitas Pasundan, Bandung ini juga kerap menemukan berbagai kendala dalam menjalankan usahanya, mulai dari diusir oleh pedagang lain karena food truck miliknya lebih ramai dibanding pedagang lain, hingga banyaknya oknum yang menarik iuran yang tidak semestinya. Belum lagi permasalahan listrik di lokasi usaha yang terkadang sulit didapat, sehingga Heider selalu mempersiapkan genset sebagai sumber listrik.

Food Truck Ayam Galau, Surga Pencinta Olahan Ayam

Food truck Ayam Galau sengaja didesain Heider dengan konsep klasik, dengan mengandalkan interior kayu baik pada meja prasmanan dan juga kitchen. Selain itu berbagai aksesori menarik yang membuat pengunjung penasaran juga ditambahkan pada food truck Ayam Galau seperti lampu yang ditutup menggunakan parutan dan piring besi dan lain sebagainya. Bisa dibilang food truck yang satu ini merupakan surganya para pencinta olahan ayam. Berbagai bagian tubuh ayam mulai dari kepala hingga ceker serta tidak ketinggalan bagian jeroan ayam diolah menjadi sebuah masakan yang menggugah selera. Mulai dari ayam penyet lengkap dengan sambal, lalap, tahu tempe dan nasi yang unik dan tidak ada dimanapun hingga berbagai sajian sate jeroan disajikan bagi para konsumen. Untuk minuman, selain menawarkan minuman seperti teh manis, milk shake dan aneka jus, Ayam Galau juga memiliki satu menu minuman unik teh bohay. Menurut Heider, teh bohay merupakan minuman teh yang dicampur dengan yakult dan diberikan tambahan jelly serta potongan jeruk, sehingga tercipta sensasi rasa manis bercampur asam segar yang menggugah selera. Semua menu yang ada di Ayam Galau dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp 3 ribu untuk tempe dan tahu hingga Rp 17 ribu untuk menu utama Ayam Penyet. Dengan keunikan dan citarasa menu yang menggugah selera, tidak heran bila Ayam Galau yang buka sejak pukul 18.00 hingga pukul 01.00 WIB ini tidak pernah sepi pengunjung. Paling tidak dalam satu malam Heider bias mendapatkan omset sebesar Rp 2 juta atau tidak kurang dari Rp 60 juta bias didapatnya dalam satu bulan.

ideusahabisnis.com/heider-paris-omset-rp-60-juta-dari-usaha-food-truck-ayam-galau-konsep-klasik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar